Home » Berita » SOEDIRMAN SILAT CHAMPIONSHIP 2014

Arsip

Categories

SOEDIRMAN SILAT CHAMPIONSHIP 2014

Luar Biasa. Kata itu yang mampu menggambarkan penyelenggaraan SSC (Soedirman Silat Championship). Sorak sorai penonton yang membahana memenuhi Hall Lapangan Gor Bulu Tangkis Soemardjito pada pukul 10.00 – 20.00 WIB. Hari Sabtu 3 Mei 2014. Kejuaraan antar Fakultas (Kejurfak) merupakan event dimana setiap fakultas mengirimkan atlet-atletnya untuk ikut bertanding dari berbagai perguruan silat yang ada di Indonesia, demi mendapatkan tiket Kejuaraan Naional (Kejurnas). Kali ini sebagai tuan rumah Merpati Putih kolat UNSOED untuk yang kesekian kalinya mampu dengan sukses menyelenggarakan pesta olahraga silat khususnya. Untuk semua kalangan mahasiswa/i UNSOED.

Kejurfak yang diadakan pada hari Sabtu, 3 Mei 2014 ini terdiri dari 2 kategori. Yakni wiralaga dan wiraloka. Wiralaga disini yang berarti Pertandingan yang menampilkan 2 (dua) orang pesilat dari kubu yang berbeda. Keduanya saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan serangan yaitu menangkis, mengelak,, menyerang pada sasaran, menjatuhkan dan mengunci lawan sesuai dengan peraturan pertandingan yang berlaku. Sedangkan Wiraloka disini yang berarti Pertandingan yang memperagakan rangkaian teknik jurus tangan kosong,golok,dan Tonggak.

Untuk kategori wiralaga merupakan kategori yang jumlah pesertanya paling banyak diikuti sekitar 39 atlet diantaranya 28 putra dan 11 putri, serta untuk wiraloka diikuti sekitar 5 orang diantaranya 2 putra dan 3 putri. Para atlet dengan penuh semangat mempersiapkan diri dengan beragam cara, mulai dari pemanasan, tendangan pada target, bahkan sampe pernafasan. Dan acara ini diikuti oleh 8 fakultas diantaranya ; Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknik, Fakultas Pertenakan, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Biologi. Keren bukan ???

Pada malam harinya, setelah semua rangkaian kejuaraan selesai, tibalah saatnya penganugerahan hadiah. Satu demi satu para pesilat maju dan menerima penghargaan dari panitia. Dan untuk juara umum pada kali ini dimenangkan dari fakultas sains dan teknik dengan perolehan 4 emas dan 1 perak. Tujuan diadakan kejurfak ini bukan merupakan sekedar perlombaan saja, melainkan ajang pembuktian sekaligus pengujian diri bahwa atlet-atlet tersebut apakah benar-benar layak untuk melanjutkan ke tingkat kejuaraan yang lebih tinggi lagi nantinya. Jadi kejurfak ini hanyalah “Batu Loncatan” bagi semua pesilat khusunya untuk menjajaki kejuaraan lain yang lebih bergengsi lagi nantinya. Oleh karena itu, jangan cepat merasa puas dengan hasil yang diperoleh, karena diatas langit masih ada langit.
Dan ini dia hasil pengumuman kejurfak 3 Mei 2014.
Wiralaga Wiraloka
No Nama Fakultas Juara Kategori No Nama Fakultas Juara Kategori
1 Wildan FST 1 A Putra 1 M Samsul A faPerta 1 Putra
2 Dinar FST 1 A Putri 2 Lutfi FISIP 2 Putra
3 Dinka FE 1 B Putri 3 Dinka R Ekonomi 1 Putri
4 Nadia FISIP 1 C Putri 4 Dinar W. FST 2 Putri
5 Unggul Fapert 1 D Putra 5 Ria L FISIP 3 Putri
6 Hendra FST 1 E Putra
7 Hilman FST 1 F putra
8 Restu FE 1 B Putra
9 Hafidz Fapet 1 C Putra
10 Taufik FISIP 2 A Putra
11 Ayul FE 2 A Putri
12 Nanda FISIP 2 B Putri
13 Syifa R Hukum 2 C Putri
14 Rizal FISIP 2 C Putra
15 Helmy FISIP 2 D Putra
16 Dino Pertanian 2 E Putra
17 Hamadi Pertenakan 2 F putra
18 Jamal Pertanian 2 B putra
19 Elis FISIP 3 A Putri
20 Vetri Pertanian 3 B Putri
21 Dede Pertanian 3 B Putri
22 Syifa I. FISIP 3 C Putri
23 Aya Pertanian 3 D Putra
24 Rudy FE 3 E Putra
25 Tony FKIK 3 F putra
26 Nurdin FST 3 F putra
27 Afif Ekonomi 3 B Putra
28 Agung Ekonomi 3 B Putra
29 Mahmud Pertanian 3 C Putra
30 Yogi Pertenakan 3 C Putra


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CommentLuv badge